Perlu Program Kesehatan Atasi Pemanasan Global

JAKARTA, KOMPAS – Indonesia termasuk dalam negara yang akan menerima dampak besar pemanasan global dan perubahan iklim yang sedang terjadi. Selain berdampak terhadap terjadinya bencana alam, perubahan iklim yang akan terjadi di Tanah Air juga menyebabkan perubahan kondisi lingkungan yang akan jadi media untuk munculnya berbagai penyakit.
“Pemanasan global akan meningkatkan penyebaran penyakit yang berdampak pada turunnya kualitas derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, perlu ada agenda program kesehatan nasional baru,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Fachmi Idris, dalam diskusi publik, Selasa (13/11), di Sekretariat PB IDI, Jalan Sam Ratulangie, Jakarta.
Menurut Fachmi, pemanasan global dan perubahan iklim saat ini menjadi agenda pembicaraan utama di seluruh dunia. Karena sudah jadi isu universal, berbagai pemimpin dunia memberi perhatian penuh untuk membahas hal itu, khususnya pemimpin dari negara yang diperkirakan menerima dampak besar akibat kondisi itu.
Terkait dengan hal itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang akan menerima dampak besar akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Saat ini, 41 juta penduduk Indonesia bermukim di daerah pantai permukaan rendah yang berpotensi tenggelam lantaran kenaikan permukaan laut setinggi 15 sentimeter akibat kenaikan suhu permukaan bumi sebesar satu derajat celsius.
Perubahan iklim yang akan terjadi di Indonesia, selain berdampak terhadap terjadinya bencana alam seperti banjir, dengan akibat langsung terhadap masalah kesehatan seperti gangguan kesehatan, juga menyebabkan perubahan kondisi lingkungan. “Yang jadi sangat penting, perubahan kondisi lingkungan ini akan jadi media munculnya berbagai penyakit baik yang emerging disease maupun re-emerging disease,” kata Fachmi. (EVY)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: